ITIL adalah salah satu metode dari pengembangan MLSI(Manajemen Layanan Sistem Informasi) yang bertujuan untuk pengelolaan infrastruktur, pengembangan serta operasi teknologi informasi. Jadi ITIL ini adalah suatu metode yang di terapkan dalam suatu perusahaan untuk menunjang proses kerja dari perusahaan tersebut agar lebih optimal dari proses kerja yang sebelumnya.
Penerapan ITIL ini juga di lakukan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) dalam layanan sistem informasi perkreditan di BRI Unit Beteleme. Tahapan proses bisnis penyaluran Kredit di BRI Unit Beteleme mulai dari tahap pengajuan berkas permohonan pinjaman, mempertimbangkan jumlah pinjaman yang dapat direalisasikan, penginputan data ke sistem sampai pembuatan rekening pinjaman, hingga realisasi pencairan uang di bagian kasir.
Penerapan ITIL dalam membantu penyaluran Kredit di Bank BRI ini bisa kita lihat tahap-tahap nya seperti di bawah ini:
Tahap I Analisa Berkas Pmyeman oleh Mantn’ Account Officer
Input : data nasabah, nominal pengajuan, jenis pijaman, pekerjaan, pendapatan per bulan, jangka waktu pelunasan.
Proses : observasi, wawancara
Output : iformasi data nasabah, record pinjaman.
Tahap II Analisa Berkas Pinjaman oleh KaUnit
Input : informasi data nasabah, record pinjaman.
Proses : analisa
Output : putusan persetujuan untuk diproses
Tahap III Anzalisa diserahkan ke Customer Service
Input : putusan persetujuan untuk diproses, data nasabah.
Proses : registrasi pinjaman
Output: informasi data nasabah, record pinjaman, nomor rekenmg pinjaman .
Tahap IV Approval oleh KaUnit
Input : informasi data nasabah, record pnjaman, nomor rekenmg pinjaman
Proses : Approval
Qutput : nomor rekenimg pinjaman aktif
Tahap V Pencairan dana oleh fester
Input : nomor rekenig pinjaman aktif
Proses : pencairan dana
Output : uang
Untuk sistem informasinya sendiri BRI Unit Beteleme menggunakan applikasi sistem informasi yang disebut BRINETS (BRI /ntergrated Network and Information Sistem) merupakan sistem informasi terpadu yang dapat berkomunikasi dengan sistem aplikasi yang lain. Arsiterturnya terdiri dari Core Banking Sistem, Management Support Sistem dan Banking Delivery. Core Banking Sistem adalah inti dari aplikasi induk bank dan merupakan subsistem operasional utama BRI yang terdiri atas GL & Accounting, Deposits, Remittance, Customer Information File dan Loans.
Menurut saya penerapan ITIL di Bank BRI ini adalah suatu langkah yang baik dalam menunjang kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin meningkat akan kebutuhan Pinjaman Kredit, oleh sebab itu Bank BRI ini mengambil langkah untuk menerapkan metode ITIL ini dalam perusahaannya untuk mengoptimalkan kinerja dari perusahaannya.
Setelah melihat penerapan ITIL pada perusahaan Bank BRI bisa di simpulkan bahwa adanya framework ITIL ini bisa membantu untuk meningkatkan kinerja dari suatu perusahan dan juga untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat, oleh sebab itu ITIL ini menawarkan metode yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan yang ingin menerapkan Sistem Informasi di perusahaannya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar